Kamis, 05 November 2015
5 logo sponsor jersey klub termahal
#1. Chevrolet (Manchester United) - US$80 Juta
Manchester United menandatangani deal atau persetujuan dengan pabrikan mobil asal AS, Chevrolet senilai US$80 juta atau Rp941,3 miliar per tahun. Kontrak logo di kaus MU akan berlaku mulai musim 2013/14 selama tujuh tahun dengan nilai total US$559 juta atau setara Rp6,5 triliun. Angka ini menjadi kontrak kit sponsorship termahal sepanjang sejarah sepakbola profesional di dunia. Namun kontrak ini berujung pahit. General Motor (GM) memecat CEO (Chief Executive Officer) karena nilai kontrak terlalu mahal dibanding sponsor MU musim lalu, AON.
#2. Qatar Airways (FC Barcelona) – US$45 Juta
Selama belasan tahun, Barcelona tidak menyediakan ruang sponsor di kaos timnya. Logo UNICEF yang selama ini terpampang di jersey tim merupakan salah satu bentuk donasi dari klub asal Catalan ini untuk program-progam penyelamatan nyawa dan kesejahteraan anak di seslruh dunia. Justru Barcelona membayar ke UNICEF atas penggunaan logo tersebut. Kini ruang logo tersebut diambl alih oleh Qatar Airways dengan nilai kontrak sekitar US$45 juta (setara Rp529,5) per tahun.
#3. Deutsche Telekom (Bayern Munich) – US$40 Juta
Bayern Munich memperpanjang kesepakatan kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi asall jerman, Tmobile yang telah berlangsung sejak 2012. Tmobile membayar pemasangan logo mereka di jersey juara Liga Champions 2013/14 ini senilai US$40 juta (sekitar Rp470,6 miliar) per tahun. Bahkan operaor telko terbesar di Bavaria tersebut juga menyanggupi kerjasama bisnis lain bersama Bayern Munich.
#4. Fly Emirates (Real Madrid) – US$39 Juta
Real Madrid mengganti logo sponsor di jersey mereka dari Bwin menjadi Fly Emirates. Kesepakatan kontrak Madrid dengan maskapai asal Uni Emirates Arab ini terjadi pada 2012 dan akan berlangsung selama enam musim kompetisi La Liga hingga 2017. Untuk menempatkan logonya di kaos Los Galacticos, maskapai Fly Emirates sanggup membayar sebesar US$39 juta atau sekira Rp458,9 mliar per tahun.
#5. Standard Chartered (Liverpool) – US$31 Juta
Pada tahun 2009, Liverpool menandatangani kesepakatan kerjasama dengan bank Standard Chartered sebagai sponsor kaos mereka. Logo Standar Charter menggantikan logo merek bir Carlsberg yang paling lama terpasang di kaos The Reds. Nilai pemasangan logo tersebut mencapai US$31 juta (setara Rp364,7 miliar) per tahun, sementara setahun sebelumnya masih berbanderol US$11 juta.
source:google.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar